MENGOPTIMALKAN PERAN PAGUYUBAN TK WALISONGO


PENDAHULUAN

Komponen terpenting pada lembaga sekolah adalah walimurid, peran sertanya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sarana prasarana sangat berpengaruh, kita tidak bisa memandang sebelah mata atas kehadiran walimurid tanpanya pendidikan takkan bisa diadakan dan di selanggarakan.
Dengan beragam latar belakang pendidikan, status dan pekerjaan walimurid membutuhkan sebuah wadah di lingkungan sekolah dimana ia berada dengan tujuan menyamakan pandangan bahwa mereka adalah sama berhak mendapat perlakuan yang sama di sekolah tanpa ada perbedaan satu sama lainnya.
Wadah yang sudah kita sediakan di TK Walisongo adalah sebuah paguyuban dengan tujuan walimurid mampu membantu pelaksanaan program kerja sekolah sesuai dengan kemampuannya dengan arahan kepala sekolah.
Keberadaan paguyuban ini sangat besar pengaruhnya dalam mengembangkan  kondisi fisik TK Walisongo secara bertahap dan terencana setiap program yang di tawarkan sekolah kepada Paguyuban mampu dilaksanakan dengan baik.




5 W 1 H Tentang PAGUYUBAN


Rectangular Callout: What /apa itu paguyuban:
Wadah kerjasama yang terbentuk di lingkungan sekolah dengan peran utamanya adalah walimurid.
Oval Callout: Who /siapa itu Paguyuban;
Perwakilan walimurid kelompok A dan kelompok B yang dipilh melalui forum muysawarah sekolah.yang terdiri dari ketua, sekretaris , bendahara dan anggota.
Cloud Callout: When / kapan Paguyuban terbentuk:
Paguyuban terbentuk pada awal tahun ajaran baru  ketika ada siswa dan walimurid baru.




















Cloud Callout: Why / Mengapa harus ada Paguyuban:
1.Karena paguyuban bisa diajak kerjasama dalam menjalankan program sekolah terutama berkaitan dengan pembangunan fisik sekolah.
2. sebagai penyambung komunikasi kepada walimurid yang lain.
3. Dengan member kepercayaan penuh walimurid akan lebih terbuka dan dengan sadar  bisa diajak kerjasama terutama berkaitan denagn dana
Rounded Rectangular Callout: Where / dimana Paguyuban itu dibentuk :
Paguyuban di bentuk di dalam lingkungan sekolah
Rectangular Callout: How / Bagaimana Paguyuban ndibentuk :
Paguyuban terbentuk untuk mengoptimalkan keahadiran walimurid dalam rangka menjalin kerjasama baik fisik maupun non fisik.






















Bentuk kegiatan Paguyuban Walimurid TK Walisongo

1.     Arisan semua anggota (walimurid) di tambah guru kelas masing-masing kelompok  diadakan setiap hari senin sebesar Rp. 5000 untu kelompok A Rp.5000 untuk Kelompok B Rp. 3000 yang bertujuan untuk mengikat  anggota dan menjalin silaturrahmi antar walimurid.
2.    Iuran rutin setiap 1 minggu sekali sebesar Rp.1000 untuk pengisian air minum (Galon Aqua) masing masing kelompok.
3.    Mengadakan rekreasi setiap 1 tahun sekali pada awal libur semester 1
4.    Penggalangan dana secara incidental yang di motori oleh paguyuban (seperti beli tempat sampah, karpet warna, kaca cermin dll)
5.    Mengadakan buka bersama setiap bulan ramadhan









Hasil kegiatan Paguyuban TK Walisongo
1.   Dari kas arisan di gunakan untuk melengkapi hiasan kelas masing masing kelompok A dan B seperti gambar binatang, tanaman, hurup abjd, huruf hijaiyah, hiasan gantung  dll.
2.  Dari iuran incidental di gunakan untuk membeli peralatan kelas  dan sekolah seperti tempat sampah, sapu, karpet, pigora, rak mainan, kaca cermin, lap tangan, cat , plang jalan , beli bola untuk  mengisi mainan mandi bola. Dll.
3.  Dari laba rekreasi di gunakan untuk memberi kenang-kenangan atau bingkisan kepada semua dewan guru di serahkan pada akhir tahun bersamaan dengan perpisahan kelompok B.
4.  Jika di akhir masa jabatannya saldo kelompok B masih ada maka pengurus paguyuban akan memberikan nya kepada sekolah untuk digunakan sesuai kebutuhan nya, seperti mengganti atau memperbaiki mebeler kelas contoh pembuatan papan mealmin untu kel A dan B, mengecat bangku atau kursi kelas. Dll
5.  Semua hasil diatas sudah terealisasi dengan baik.





P E N U T U P
Kerjasama  dan komunikasi yang baik akan menghasilkan dampak yang positif di sekolah, walimurid merasa dilibatklan, merasa memiliki sehingga dengan kesadarannya tanpa ada rasa terpaksa dan ngersulo mereka dengan ihlas membantu, memberi dan mau dimintai bantuannya secara financial.
Paguyuban yang ada di TK Walisongo terus berkembang secara harmonis dengan pihak sekolah, secara administrasi paguyuban TK Walisongo pun sudah tertib mencatat dan mengagendakan semua kegiatannya, secara keorganisasian Paguyuban TK Walisongo mampu berkomunikasi dan menyampaikan pendapatnya. Sehingga sekolah tahu dan mengerti apa yang diinginkan oleh semua walimurid yang terwakili oleh pengurus paguyuban
Manfaat dari paguyuban walimurid TK Walisongo sangat besar terutama di bidang fisik sekolah, karena TK adalah lembaga pendidikan dengan swadaya maysarakat murni maka sekolah harus pandai memanfaatkan kehadiran walimurid dalam arti yang positif mengajak mereka untuk berfikir dan memikirkan kemajuan sekolah dengan pemenuhan fasilitas secara bertahap tanpa mengurangi dana iuran wajib anak-anak.
1 Response
  1. Mohon maaf diluar topik Bunda, kami sedang mencari Reseller & Dropshipper Pakaian Bayi

    dan Anak
    Kami menawarkan berbagai produk dengan harga sangat sangat bersaing.

    Silahkan Bunda kunjungi Online Shop Baju Bayi dan Anak kami di:
    web: bajubajubayi.blogspot.com
    facebook : Baju Baju Bayi

    Terima Kasih sebelumnya